Unique 1:1 Traffic Exchange

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences. Now replace these with your own descriptions.

Friday 23 December 2011

Cara membuat widget atau sidebar blog menjadi dua kolom

Membuat widget atau sidebar blog menjadi dua kolom ,sobat bisa perhatikan bagaimana saya membuat satu widget menjadi dua bagian, dengan demikian  bisa membuat sidebar blog lebih hemat dan sedikit rapi.bisa juga keren dong heheee.....

Cara  membuat widget atau sidebar blog menjadi dua kolom sangat mudah, sobat hanya perlu menambahkan sedikit kode html.sobat liat langkah-langkah pembuatan sidebar di bawah  yaa......

  1. Sobat login ke blog ► RancanganAdd Gadget ► Pilih HTML/JavaScript

  2. Kemudian copy kode-kode HTML berikut :
<table border="0" width="300">
<tr bgcolor=&quot;#FF6C74 "><td align="center"><b>JUDUL 1</b></td><td align="center"><b>JUDUL 2</b></td></tr>
<tr><td align="center">KODE JUDUL 1 DISINI</td><td align="center">KODE JUDUL 2 DISINI</td></tr>
</table>
<table border="0" width="300">
<tr bgcolor="#FF6C74"><td align="center"><b>JUDUL 3</b></td><td align="center"><b>JUDUL 4</b></td></tr>
<tr><td align="center">KODE JUDUL 3 DISINI</td><td align="center">KODE JUDUL 4 DISINI</td></tr>
</table>

Keterangan :
►Perhatikan kode warna Hijau, angka 300 adalah lebar tabel. Sobat sesuaikan dengan lebar sidebar blog.
►Kemudian kode warna Kuning adalah untuk judul-judulnya, sobat bisa ganti sesuai keinginan sobat disini
►kode yang ditandai dengan Warna Merah tersebut adalah backgrounnya silahkan ganti dengan warna yang sesuai dengan warna blog sobat. LIHAT KODE WARNA HTML DISINI

3. Paste di dalam kotak HTML/JavaScript tadi.
4. Selesai, dan Save..sobat langsung bisa liat hasilnya......
Selamat berkreasi .....

Cara Pasang Bermacam - macam Efek di Blog

Pagi gini enaknx ngapai ya ??? kalau Q cee siapin kopi + rokok enak dong  hehehe...
Gimana klau wew akan memberitau cara pasang bermacam efek di dlm blog ...
Langsung aja sobat liat efek '' di bawah ini ...
Langkah - langka cara pemasangannya adalah sebagai berikut:
1. Login ke blog sobat
2. Pilih Rancangan
3. Kemudian Edit HTML
4. centang expand widget template
5. kemudian cari kode
Bila soba suda menemukan pastekan kode di bawah, tepat di atas kode

Efek daun berjatuhan di blog
<script src='http://arti.master.irhamna.googlepages.com/daun.js'/></script>

Efek salju berjatuhan di blog
<script src='http://www.geocities.com/ridwanox/saljubesar.js' type='text/javascript'></script>

Script bintang bertaburan
<script src='http://www.geocities.com/ridwanox/bintangjatuh.js' type='text/javascript'></script>

Membuat efek kembang api di Blog
<script src='http://www.geocities.com/ridwanox/kembangapi.js' type='text/javascript'></script>

Membuat efek hati bertaburan di kursor blog
<script src='http://www.geocities.com/ridwanox/efekhati.js' type='text/javascript'></script>

Kode Tulisan kedip atau Berganti Warna Saat Di Sorot Mouse
1. Silahkan login ke blog anda.
2. Klik Rancangan
3. Klik tab Edit HTML
Tips: Jangan lupa centang expand widget template
4. Cari kode 
5. Lalu copy paste kode di bawah ini, tepat di bawah kode

<script src="http://ajurna.googlecode.com/files/rainbow.js"></script>

6. Kemudian sobat klik Simpan template.selesai
Selamat mencoba dan berkreasi

iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook

Persaingan pasar tablet pc semakin sengit, sesuai prediksi. Kini persaingan antara ipple iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs Playbook milik blackbery akan meramaikan tablet PC tahun 2011 ini. Ketiga perusahaan raksasa tersebut siap bersaing dengan produk-produk andalan mereka. Apple dengan iPad 2 siap menancap gas, sementara Motorola denga Xoom ak mau ketinggalan dan Blackberry pun telah siaga dengan Playbooknya, produk mana yang akan kita pilih?.
Sebagai konsumen sebaiknya kita lebih selektif lagi dan tidak terhasut oleh iklan semata. Ada baiknya kita membandingakan terlebih dahulu ketiga produk tersebut, iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs Playbook. nah berikut ini adalah perincian dari ketiga produk tersebut sebagai perbandingan.
Perbandingan Tablet KomputerBlackBerry PlayBookApple iPad 2Motorola Xoom

96890 blackberry playbook iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook91105 ipad iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook104266 motorola xoom iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook
Prosesor1GHz dual-core processorGPU dual core 2GHz (rumor sampai 2 Maret 2011)1GHz NVIDIA Tegra 2 AP20H Dual Core processor
OSBlackBerry Tablet OS/QNXiOS 4.2 (rumor)Android v3.0 (Honeycomb)
LayarLCD 7-inci, WSVGA, multi-touch screenantara 7-inci & 5,6-inci (rumor)10,1-inci, TFT capacitive multi-touch screen, 16M colors
Resolusi1024×600 piksel768 x 1024 piksel (rumor)800 x 1280 piksel
Dimensi dan Berat13 x 19 x 1 cm
425 gram
- (belum diketahui)25 x 16 x 1,2 cm
730 gram
Memori1 GB RAM
64 GB storage
512MB1 GB RAM
16/32/64 GB storage
microSD up to 32 GB
Konektivitas 3GAda (harus melalui smartphone BlackBerry)HSDPA/HSUPAHSDPA 10,1 Mbps; HSUPA 5,76 Mbps
Wi-Fi & BluetoothAdaAdaAda
Kamera belakang5MP/HDAda (belum diketahui)/HD5MP (2592 x 1944 piksel), autofocus, dual-LED flash
Kamera depan3MP/HDAda (belum diketahui)/HD2MP
GPSTidak AdaAda, A-GPS supportAda, A-GPS support
Flash VideoAdobe Flash 10.1AdaAdobe Flash 10.1
TeleponTidak adaTidak ada, namun mendukung 2 jaringan: GSM & CDMATidak ada
Kios AplikasiBlackBerry App WorldApple App StoreAndroid Market
perbandingan iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook, kelebihan iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook, kekurangan iPad 2 Vs Motorola Xoom Vs BB Playbook,

Microsoft Office Word Untuk iPad dan iPhone

Microsoft Office Word Untuk iPad dan iPhone – Jika beberapa waktu lalu microsoft sempat ogah ogahan membuat perangkat office untuk perangkat iPad dan iPhone maka kali ini berita bagus buat pengguna gadget apple. Nah, Microsoft telah mempersiapkan perangkat lunak Microsoft Office untuk perangkat Apple, baik iPad maupun iPhone. menurut beberapa pengamat keputusan Microsoft akan meningkatkan penjualan produk baik itu produk Apple dan Microsoft.
1131139p Microsoft Office Word Untuk iPad dan iPhone
Dalam pernyataan resmi yang dikutip CNet, pihak Microsoft siap membawa Office ke platform dan perangkat berbeda. Rencana tersebut sekaligus akan memperluas pangsa pasar Microsoft ke depan. Namun, pihak Microsoft masih enggan membicarakannya lebih lanjut.
Sebenarnya meskipun tanpa Microsoft office Apple sendiri sudah memiliki perangkat lunak iWork yang sangat mirip dengan Office. Perangkat lunak tersebut sudah digunakan oleh pengguna iPad dan Mac OS X. Isinya berupa Pages, Keynote, dan Numbers yang juga serupa dengan Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel. Office untuk iPad akan dibanderol sekitar 10 dollar AS, harga yang sama dengan iWork untuk Apple.
Mempersiapkan Office ke iPad dan iPhone juga akan meningkatkan pasar produk Apple yang diambil dari pengguna setia Microsoft Office. Langkah yang dilakukan Microsoft ini mengindikasikan seakan mereka “kalah” dari Apple dan mengakui kepopuleran penggunaan iPad dan iPhone.
Sebelumnya, Microsoft telah mengembangkan software untuk iPad dan iPhone dengan produk-produk buatannya, seprti Bing, Windows Live Messenger, MSN Onit, MSN OnPoint, Microsoft Tag, dan Wonderwall. Kemungkinan, Office untuk iPad dan iPhone ini bakal hadir pada tahun depan, tidak berbeda jauh dengan rencana memasukkan Office untuk Mac pada akhir 2011.
Nah, karena perangkat tersebut masih dalam proses pengembangan ada baiknya buat pengguna iPad dan iPhone yang ingin menggunakan perangkat serupa office yang bisa dijumpai di apple store.

Sejarah Komputer dan Perkembanganya

Sejarah Komputer dan Perkembanganya – Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
  • Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
  • Komputer Generasi Pertama
  • Komputer Generasi Kedua
  • Komputer Generasi Ketiga
  • Komputer Generasi Keempat
  • Komputer Generasi Kelima

1. Komputer Generasi Pertama (1946­ – 1959)
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara­negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer.
Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
(1) Colassus
(2) Mark I
(3) ENIAC
(4) EDVAC
(5) UNIVAC I
Ciri komputer generasi pertama adalah:
- Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
- Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
- Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
- Setiap komputer memiliki program kode­biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
2. Komputer Generasi Kedua (1959­ – 1964)
Stretch dan LARC
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery­ Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer­komputer ini,yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan­singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960­an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen­komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Ciri-ciri komputer pada generasi kedua:
- Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil
- Adanya pengembangan memori inti­magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya
- Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
- Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
3. Komputer Generasi Ketiga (1964­ – 1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian­bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen­komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen­komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga:
- Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
- Ukuran komputer menjadi lebih kecil
- Ditemukannya Sistem Operasi
4. Komputer Generasi Keempat (1979­ – sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen­komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980­ an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra­Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang­orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan­perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahantahun 1970­an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer­komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara­ cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer­komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
• Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
• Digunakannya mikroprosesor
Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)

Perangkat Keras Komputer (Hardware dan Pengertianya) -Jika sebelumnya merahitam membahas tentang pengertian komputer maka kali ini akan bersambung pada penjelasan perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian komputer dalam bentuk fisiknya,  dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,  karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
1. Processor
Processor disebut juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest pengguna.
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
2. Papan induk (motherboard)
adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
3. Chipset
Komponen pada motherboard yang yang satu ini kebanyakan terdiri atas dua buah chip, north bridge dan south bridge.
Fungsi utama chipset adalah mengatur aliran data antarkomponen yang terpasang pada motherboard. Dua buah chipset yang biasanya ada pada motherboard sendiri punya tugas yang berbeda satu dengan yang lain.
Chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke prosesor, bus AGP, dan memori utama sistem. Sementara, chip yang south bridge mengatur aliran data dari peranti input output, bus PCI, interface harddisk, dan floppy, serta peranti eksternal lainnya. Berhubung chip north bridge lebih vital kerjanya dibanding south bridge, tak heran jika chip inilah yang dipasangi heatsink, fan, ataupun kombinasi heatsink dan fan oleh pabrik pembuatnya.
4. AGP
Singkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinya adalah menyalurkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus melalui memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuannya untuk mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama. Datang dengan berbagai cita rasa, saat ini kebanyakan motherboard menyertakan bus AGP 4X yang bekerja pada frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini, port AGP ini baru digunakan buat memasang kartu grafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakai bus PCI. Akan tetapi, beberapa motherboard terbaru sudah menyertakan port AGP Pro yang bisa dipasangi baik kartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasis AGP Pro sendiri
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
5. Soket Memori
Soket ini merupakan tempat untuk menempatkan memori pada motherboard. Soket memori memiliki bentuk yang berbeda untuk jenis memori yang berbeda pula. Kebanyakan motherboard memiliki slot sebanyak 3 atau 4 buah, tergantung dari chipset yang digunakan. Untuk memori SDRAM, soket DIMM yang harus dimiliki adalah soket 168 pin, sementara untuk memori jenis DDR, soket yang dipasang adalah soket 184 pin.
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
6. Soket Prosesor
Merupakan tempat untuk menaruh prosesor. Kalau jaman dahulu, masih ada pilihan lain selain sistem soket yaitu sistem slot. Namun, setelah era PentiumIII generasi kedua, tipe slot ini kemudian ditinggalkan lantaran ongkos produksinya yang lebih mahal ketimbang memakai soket. Untuk urusan soket prosesor ini, pilihlah motherboard dengan soket prosesor yang tepat. Soket 370 untuk prosesor Intel PentiumIII dan Celeron, soket A untuk prosesor AMD Athlon dan Duron, serta soket 423/478 untuk prosesor Pentium4.
socket479 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
7. CMOS
Singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Dari bentuknya sudah kelihatan, ia merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) Yang fungsinya menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan setting-annya selama baterai yang mendayainya masih bagus.
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
8. Soket Catu Daya (power supply, fan)
Fungsinya untuk menyuplai tenaga kepada semua komponen yang tersambung pada motherboard. Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya) 
9. Konektor Casing
Berfungsi untuk menyambungkan tombol/ saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis Pentium 4, disertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 volt agar prosesor bisa bekerja.
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
10. Paralel Port
Untuk Menghubungkan Printer
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
11. USB Port
Untuk menghubungkan device yang mensupport Usb,
seperti: Flashdisk, mouse&keyboard USB, harddisk External, Kabel data, Dan perangkat lainnya
 Perangkat Keras Komputer (Hardware, Fungsi dan Pengertianya)
Semoga pemahaman diatas bermanfaat dan sobat juga bisa memperkasa wawasan mengenai komputer dengan membaca artikel yang lainya mengenai Sejarah Komputer.

Pengertian Komputer

Pengertia Komputer – Pembahasan kali ini mengenai Pengertian Komputer dilihat dari beberapa aspek. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
 Pengertian Komputer, Apa Itu Komputer?
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
  • Menerima input
  • Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data
  • Dapat memberikan informasi
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
  • Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja Pengertian Komputer itu sendiri akan mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti. Tertarik seputar komputer sobat bisa baca juga sejarah Komputer serta pemahaman akan perangkat keras komputer.

Daftar Isi
AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service